Krowbar adalah seorang MC Hip-hop sekaligus lyricist. Debut albumnya Swagton Nirojim yang dipenuhi dengan lirik-lirik nakal dan sample '70s funk/psychedelia sangat direkomendasikan.
KROWBAR: "Sebagai seorang musisi gue gak pernah mikir. Sebagai rapper, pantang gua ereksi kalau ga denger lagu sendiri."
[interview.aldy / pics.burhan amaludin / des 2019]
Dari mana datangnya ide videoklip “Senjata Pemuas Massal”?
Ide awalnya sih simpel; karena lagu itu ngga ngomongin apapun selain mustika sakti mandraguna gua, maka klipnya paling cocok ya ngambil setting pada kawah candradimuka dimana mustika tersebut ditempa: tempat lokalisasi. Abis dari situ baru ide-ide soal gimana eksekusinya diperluas. Ngga tau sih, kalo masalah kreatif-teknik-visual-dan-lain-sebagainya sih itu masukannya dari MV, Vidi sama Boxy, gua mah cukup ngasih ide yang di kalimat pertama di atas itu aja.
Sepertinya Krowbar cocok sekali dengan Grimloc records dan roster-roster nya. Bagaimana awal mula kerjasama dengan Grimloc?
Awal kerjasama gua ama Grimloc adalah awal prinsip kerjasama terbaik gua dengan siapapun: nongkrong di situ & bertemen sama orang-orangnya. Kebeneran gua ama MV udah kenal lama banget, dia tuh sohib kakak gua pas kuliah. Kalo sama E-One gua kenal dari Jay, karena Jay tuh temen nangkring gua dulu di Remains. Intinya sih karena temenan aja, itu juga kayanya kenapa semua roster Grimloc pasti cocok satu sama lain, soalnya semuanya pasti temen-temen juga. Da, berdasarkan pengalaman gua, yang paling utama di Grimloc tuh bukan bikin lagu atau apa kok, nomer satu mah nangkring.
Sample-sample di album “Swagton Nirojim” terdengar familiar dan sangat ‘70s funk. Darimana saja sample nya?
Dari perpustakaan audio-nya Jay, E-One ama MV. Kita emang pengen vibe albumnya psychedelic gitu, makanya kita, atau lebih tepatnya: mereka, ngubek-ngubek musik-musik dengan sound 70’s sebanyak mungkin. Berhubung tugas gua di album tuh cuman ngomong jorok di atas beat yang udah jadi, mungkin pertanyaan ini harusnya ditujukan ke mereka, gua ngga terlalu terlibat soalnya. Yang gua inget tuh ada Black Sabbath, geng-gengnya Funkadelic, juga soundtrack-nya Bruce Lee ama film eksploitasi Itali.
5 best local hiphop menurut kamu?
Gua suka banget Insthinc, doi punya flow ama delivery paling yahud di kuping gua saat ini. Numero uno lah. Selain dia gua juga demen Jere Fundamental, vokalnya gagah perkasa. Trus Rand Slam, yang gua duga flow-nya bakal jadi yang paling banyak ditiru orang di masa depan. Trus albumnya Doyz ama MV. Itu sering banget gua puter, yang sedikit unik soalnya gua biasanya ngga demen musik-musik MV. Satu lagi kayanya grup lokal favorit gua: D.P.M.B! Kalo ngomongin hype ama stage-presence aksi hiphop pas manggung, ngga ada yang ngalahin D.P.M.B.
Lirik-lirik lagu Krowbar berkonotasi seksual. 5 lagu soundtrack terbaik untuk bercinta versi Krowbar?
Sebagai rapper, gua pantang ereksi kalo ngga dengerin lagu sendiri, tapi kalo emang harus dengerin musik orang, mungkin pilihan gua:
5 - “(I’ve Had) The Time of My Life” - Bill Medley & Jennifer Warnes
4 - “Glory of Love” - Peter Cetera
3 - “Close to Heaven” - Color Me Badd
2 - “Here I Go Again” - Whitesnake
1 - “Hellion” - W.A.S.P
Sebagai seorang musisi, apakah kamu lebih berpikir mengenai masa lalu atau masa depan?
Sebagai musisi, gua ngga pernah mikir. Sebagai suami, mau ngga mau gua harus lebih mikir ke masa depan. Soalnya gua pengen punya cukup duit buat bisa ngabisin hari tua jalan-jalan ke luar negeri sambil Instastory-an bareng istri tercinta.
Dengan adanya kompilasi-kompilasi hiphop seperti Brother’s Keeper dan Pretext for Bumrush, bagaimana scene hip-hop diIndonesia menurut kamu?
Kayanya sih lagi gede-gedenya yah, ngga tau juga sih, karena gua sebetulnya cenderung kuper juga orangnya, tapi harusnya sih gede. Soalnya kan fasilitas ama teknologi udah jauh lebih aksesibel daripada jaman 10 taun lalu, dan hiphop kan jenis musik yang ngga perlu ngelibatin banyak orang & alat dalam produksinya. Semua bisa bikin musik pake software, rekaman cukup vokal aja, trus rilis bisa digital kan sekarang. Tapi dengan gitu juga mungkin praktisi-praktisinya jadi pada mager di rumah masing-masing, sibuk sendiri & ngga berjejaring, jadi ngga tau juga. Gua sendiri ngga terlalu interes soal scene-scenean, pergaulan gua cuman di temen-temen aja, ama temen-temen mereka yang terus jadi temen gua. Ya gitu aja.
Bagaimana pendapat kamu tentang kolaborasi dalam bermusik?
Ah ribet kolaborasi-kolaborasian mah. Pengalaman gua sekedar soal lagu yang ada guest-verse aja pasti prosesnya makan waktu jauuuuuuh lebih banyak daripada kalo itu dikerjain sendiri, apa lagi kolaborasi yang serius. Belom kepikiran. Masih banyak yang bisa dieksplor secara pribadi kok.
Seberapa cepat proses kamu dalam membuat lagu?
Tergantung, gua bikin lirik dari beatnya. Kalo kita ngomongin yang di album sih, bikin lirik sama take buat 9 lagu tuh abis sekitar 3 bulanan. Satu lagu yang featuring MV tuh bikin liriknya sebulan sendiri, soalnya karena kita pengen ngisinya saut-sautan, kita bikin liriknya full barengan. Itu makan waktu soalnya MV kan banyak kesibukan. Bungkus track itu langsung mixing-mastering semuanya minggu depannya, lumayan cepet sih prosesnya. Pokoknya pas mulai dulu gua ama Jay target setiap minggu ada hasil take satu lagu baru aja. Ngga susah sih kalo beat yang dikasih enak, gua emang dapetin ide mau nulis apa tuh dari dengerin beat kosongnya.
www.thebastardsofyoung.com
Order from 9 AM - 7 PM
LINE: bastards_of_young
Phone : 0812-2002-9263 (SMS only)